29
Des
08

POLAH ASUH DAN KESEHATAN MENTAL

POLAH ASUH DAN KESEHATAN MENTAL REMAJA
Membicarakan persoalan remaja seakan tidak pernah ada habisnya, hal ini tidak lain karena masa remaja memang merupakan masa yang paling sulit. Orang barat menyebut masa remaja ini dengan sebutan sturm und drung, masa dimana remaja mulai mencari identitas dirinya, masa dimana remaja mulai mempunyai keinginan untuk membentuk kelompok-kelompok sosial, masa dimana telah terjadi perkembangan emosi yang sangat labil, sensitif dan meledak-ledak, masa dimana remaja secara fisik telah mengalami pertumbuhan yang serupa dengan orang dewasa sehingga menimbulkan kebingungan pada diri remaja akan eksistensi dirinya yang sebenarnya.
Kebingungan remaja akan eksistensi dirinya ini menurut beberapa penelitian akan dapat mengarahkan remaja kedalam perilaku-perilaku yang negatif dan bertentangan dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat jika remaja tidak mendapatkan pengasuhan yang baik dari orang tua. Bagaimana polah asuh tidak menentukan, pada era sekarang ini pengaruh teknologi demikian gencarnya terhadap remaja-remaja kita. Coba kita amati sinetron-sinetron televisi yang setiap hari ditonton oleh remaja-remaja kita dimana tidak jarang remaja-remaja kita harus meninggalkan jam belajarnya hanya karena tidak mau ketinggalan dengan lanjutan cerita sinetron kesukaannya, hampir 90 % sinetron yang ada selalu mengkisahkan cerita-cerita “bawang putih & bawang merah”, cerita pertengkaran karena urusan pasangan alias rebutan pacar, cerita pacaran di sekolah dan yang lebih membahayakan lagi ada salah satu stasiun televisi yang tidak jarang menyuguhkan cerita cinta antara guru dengan siswa. Belum lagi tontonan reality show yang selalu menyuguhkan pemberitaan tentang gaya pacaran para selebriti, rebutan pacar, gonta-ganti pasangan dikalangan selebriti dan masih banyak lagi.
Orang tua yang mau benar-benar memperhatikan perkembangan remaja-remaja kita, orang tua yang mau menjadi teman diskusi buat remaja-remaja kita sangat-sangat dibutuhkan pada era sekarang ini, karena dengan begitu para remaja kita tidak perlu lagi mencari perhatian dari orang lain dan tidak perlu lagi mencari orang lain sebagai teman diskusi yang tidak jarang malah akan menjerumuskan para remaja kita kedalam perilaku-perilaku negatif.

Beberapa hari yang lalu seorang teman bercerita kepada saya kalau di sekolah tempat dia mengajar ada seorang siswa pemakai narkoba yang bisa dibilang sudah parah, sebut saja Maman, beberapa minggu yang lalu Maman mengalami over dosis yang hampir saja merenggut nyawanya, untung saja dia segera dibawah ke rumah sakit oleh salah seorang teman dan dokter segera menolongnya. Menurut teman saya, Maman ini sebenarnya mempunyai latar belakang keluarga terhormat, bapaknya adalah seorang kepala sekolah di salah satu SMA ternama di kotanya, namun demikian Maman selalu dimarahi oleh orang tuanya terlebih oleh ibunya, karena sering dimarahi oleh orang tuanya Maman tidak kerasan tinggal di rumah, dia lebih sering mampir kerumah temannya sepulang ari sekolah, suatu ketika Maman sedang mempunyai masalah karena takut dimarahi oleh orang tua, Maman tidak menceritakan masalahnya kepada orang tua, sebaliknya Maman menceritakan kepada teman nongkrongnya dan temannya menawari Maman untuk mencoba pil jahannam itu, pada awalnya Maman tidak mau tapi temannya tetap memaksa dan Maman-pun akhirnya menerima tawaran tersebut. berawal dari situlah kehancuran masa depan Maman.

Mudah-mudahan cerita diatas dapat menegaskan pemahaman kita akan pentingnya polah asuh orang tua terhadap perkembangan para remaja kita. Karena jika orang tua tidak memberi perhatian yang cukup dan tidak mau menjadi teman curhat buat para remaja kita, maka remaja kita justeru akan mencari referensi-referensi dari bacaan-bacaan dan tontonan-tontonan mereka sebagai bahan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya, bisa dari majalah remaja, sinetron televisi, tontonan reality show, perilaku teman atau kelompok remaja, yang tidak jarang malah bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat.

ARTIKEL INI JUGA DAPAT DILIHAT DI
SUHADIANTO.BLOGSPOT.COM.

UNTUK MELIHAT TULISAN-TULISAN SAYA DALAM BENTUK MS. WORD, MS. EXCEL, MS. POWER POINT , PDF DAPAT DILIHAT DI
IKAPSI.MULTIPLY.COM.


0 Responses to “POLAH ASUH DAN KESEHATAN MENTAL”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


PROFIL PENULIS

Suhadianto, S.Psi,M.Psi, Psikolog Dosen Fakultas Psikologi UNTAG 1945 Surabaya------Dosen LB Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Surabaya

ARSIP ARTIKEL TERDAHULU

Masukkan Code ini K1-89CB9F-A untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com