17
Des
08

TAHAPAN DAN JENIS MEMORI

Menurut Jensen (2002) terdapat tiga proses kognitif dalam memori, yitu:
1.PENYANDIAN ATAU ENCODING ATAU ACQUISITION, adalah pemasukan atau penyandian pesan dalam ingatan. Penyandian ini dibagi menjadi tiga macam:
a.PENYANDIAN AKUSTIK, Informasi yang disandikan didalam memori, memasuki penyandian tertentu dan informasi yang diterima terdiri dari butir-butir verbal, seperti angka, huruf dan kata.
b.PENYANDIAN VISUAL, Informasi yang disandikan dalam memori berdasarkan apa yang dilihat.
c.PENYANDIAN MAKNA, dalam penyandian ini materi verbal didasarkan pada makna disetiap kata, penyandian ini terjadi jika butir itu adalah kata yang terisolasi, tetapi akan lebih jelas jika butir-butir itu adalah kalimat. Dengan begitu ingatan disimpan dalam bentuk jaringan-jaringan diseluruh bagian otak sesuai dengan pengkodeannya.

2.PENYIMPANAN ATAU STORAGE, yaitu menyimpan informasi dalam ingatan, diperkirakan proses ini bejalan dengan sendirinya tanpa pengarahan langsung dari subjek dan biasanya sangat sukar untuk melupakannya (Gulo, 1982).
3.PEMANGGILAN ATAU RETRIEVAL, yaitu memanggil kembali apa yang telah disimpan atau proses mendapatkan informasi yang disimpan, seperti membawakan kembali pengalaman dimasa lalu (Gulo, 1982).

Berbeda dengan Jensen (2002) yang melihat tahapan memori dari penerimaan informasi sampai pemanggilan kembali. Menurut Heimberg (2006) jika dilihat dari proses atau tahapan penyimpanan, maka memori dapat dibagi menjadi:
1.TAHAP PENGABAIAN INFORMASI, menurut Davis sebagian besar stimulasi yang diterima oleh alat indera hanya mampir sedetik saja dan selanjutnya lenyap lagi.
2.TAHAP MEMORI JANGKA PENDEK, memori ini terpilih untuk disimpan karena individu memberikan perhatian padanya. Ketertarikan, kegelisahan, atau kegembiraanlah yang membedakannya.
3.TAHAP MEMORI JANGKA PANJANG, memori yang ada dalam memori jangka pendek selanjutnya akan disimpan dalam memori jangka pendek jika dilakukan pengulangan.

Ditulis oleh: Suhadianto, S.Psi

DAFTAR BACAAN
Eric Jensen & Karen Markowitz, Otak Sejuta Gigabyte, (Bandung:Kaifa, 2002).

Dali Gulo, Kamus Psikologi, (Bandung:Tonis, 1982).
Davis M. Heimberg, Strategi meningkatkan Kecerdasan, Memori & Kreativitas, (Jakarta:Prestasi Pustaka, 2006).

ARTIKEL INI JUGA DAPAT DILIHAT DI
SUHADIANTO.BLOGSPOT.COM.

ARTIKEL TERKAIT:

KONSEP DIRI POSITIF:KUNCI KEBERHASILAN HIDUP
.


0 Responses to “TAHAPAN DAN JENIS MEMORI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


PROFIL PENULIS

Suhadianto, S.Psi,M.Psi, Psikolog Dosen Fakultas Psikologi UNTAG 1945 Surabaya------Dosen LB Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Surabaya

ARSIP ARTIKEL TERDAHULU

Masukkan Code ini K1-89CB9F-A untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com