29
Des
08

PENILAIAN HARIAN PERKEMBANGAN ANAK AUTIS

Salah satu kelebihan dari penggunaan metode ABA sebagai metode terapi untuk anak autis adalah karena metode ABA ini terstruktur dan terukur.
1. Terstruktur, artinya dalam penyusunan program untuk anak dengan gangguan Autistik ini harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan yang sedang terjadi pada anak, sehingga pembuatan programnya harus terstruktur dimulai dari yang mudah sampai ke yang paling sulit tidak boleh meloncat-loncat, sebagai contoh:Kita tidak boleh mengajarkan perintah sederhana tangan keatas kepada anak jika anak belum dapat melakukan imitasi gerakan motorik kasar berupa tangan keatas. Kita tidak boleh mengajarkan kontak mata selama detik kalau anak belum dapat kontak mata selama 1 detik. Jelasnya bahwa proses terapi harus dilakukan secara terstruktur dimulai dari aktivitas yang paling mudah, ditingkatkan sedikit demi sedikit ke aktivitas yang lebih kompleks. Untuk tuntunan program awal bagi anak autis dapat dilihat di.
IKAPSI.MULTIPLY.COM
.

2. Terukur, artinya dalam proses terapi selalu dilakukan penilaian tiap harinya terhadap perkembangan anak. Untuk penilaian ini ada dua form yang dapat digunakan. Form 1 dengan bentuk vertikal, ini digunakan untuk melakukan penilaian terhadap anak yang baru memulai program terapi (masih suka menolak instruksi), ada tiga penilaian yang digunakan yaitu: (-) jika anak tidak melakukan respon terhadap instruksi yang kita berikan, sebagai contoh: Anak hanya diam saja saat kita instruksikan pegang kepala. (x) jika anak memberikan respon yang salah terhadap instruksi yang kita berikan, sebagai contoh: Anak melakukan tepuk tangan saat kita instruksikan untuk tepuk kepala. (+) jika anak merespon dengan benar terhadap instruksi yang kita berikan. (p) atau Prompt adalah penilaian yang kita berikan jika anak telah melakukan dua kali kesalahan. Form 2 dengan bentuk horizontal digunakan untuk anak-anak yang sudah cukup baik (tidak banyak menolak instruksi yang diberikan), ada tiga penilaian yang digunakan yaitu: (A) jika anak dapat memberi respon secara benar atau cuma salah satu kali dari 15 intruksi yang diberikan (maksimal instruksi yang harus diberikan pada setiap aktivitas hanya 15 kali). (C) jika anak melakukan kesalahan dua kali atau lebih dari 15 instruksi yang diberikan. (P) jika bantuan dari terapis lebih banyak daripada respon benar dari anak. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh lebar penilaian di
IKAPSI.MULTIPLY.COM
..

PROSEDUR PEMBERIAN PROMPTER
Prompter atau bantuan akan kita berikan jika anak telah melakukan dua kali kesalahan dalam merespon instruksi yang kita berikan, baik dengan skor (-) atau dengan skor (x). yang harus diperhatikan prompter harus kita berikan dengan disertai penghargaan atau hadiah, sebagai contoh: Instruksi 1 : Terapis : Simon pegang A
Simon : Memegang B
Terapis : Tidak
Nilai : (x)
Instruksi 2 : Terapis : Simon pegang A
Simon : Diam saja tanpa respon
terapis : Tidak
Nilai : (-)
Instruksi 3 : Terapis : Simon pegang A
Simon : Baru mau pegang…
Terapis : Segera menarik tangan Simon dan membantunya memegang huruf
A, sebelum Simon memegang salah satu dari huruf A dan B dan berkata bagus simon ini A….
Nilai : P

ARTIKEL INI JUGA DAPAT DILIHAT DI
SUHADIANTO.BLOGSPOT.COM.

UNTUK MELIHAT TULISAN-TULISAN SAYA DALAM BENTUK MS. WORD, MS. EXCEL, MS. POWER POINT , PDF DAPAT DILIHAT DI
IKAPSI.MULTIPLY.COM.


0 Responses to “PENILAIAN HARIAN PERKEMBANGAN ANAK AUTIS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


PROFIL PENULIS

Suhadianto, M.Psi, Psikolog Lahir di Lamongan 16 Maret 1983. Kegiatan sehari hari sebagai Dosen di Prodi Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya, Guru BK SMP Ta'miriyah Surabaya, Terapis untuk Anak Berkebutuhan Khusus dan sekaligus Trainer For Terapis Autis di Quantum Special Need Training Center Surabaya. MONGGO SILAHKAN BACA TULISAN-TULISAN TERBARU SAYA DI http://www.suhadianto.co.cc

ARSIP ARTIKEL TERDAHULU

Masukkan Code ini K1-89CB9F-A untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: